DP BBM Islami Amalan Pada Malam Jum'at Dan Hari Jum'at

Advertisement
DP BBM Islami Amalan Pada Malam Jum'at Dan Hari Jum'at - Assalamualaikum sobat muslimin muslimat moga kita semua dalam keberkaha dan perlindungan dari ALLAH SWT... Amin.... pada kesempatan yang berbahagia kali ini admin coba sedikit memberikan info dan ulasan tentang amalan di malam jum'at yang di sunnahkan oleh baginda rosul, amalan apa saja kira2 yang di anjurkan di malam jum'at salah satunya memperbanyak membaca surat Al Kahfi, makna dari Surat Al-Kahfi disebut juga dengan Ashabul Kahfi, karena surat yang tergolong Makiyyah atau diturunkan di kota Makkah ini menceritakan tentang beberapa pemuda yang tertidur dalam gua. Para pemuda itu tidak jelas berapa jumlah dan hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui. Di dalam Al-Qur’an diceritakan para pemuda tersebut mengira bahwa mereka hanya tertidur beberapa jam atau hari saja, tetapi ternyata mereka tertidur selama 315 tahun.

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang memiliki bahasa tingkat tinggi dan tidak diragukan kebenarannya. Setiap ayat-ayat yang disampaikan dengan perantara Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW memiliki pesan yang sangat mendalam, ayat-ayat yang disampaikan memiliki makna yang dapat diterima. Disetiap surat-surat Al-Qur’an memiliki keagungan, keutamaan dan manfaatnya masing-masing. Salah satu keutamaan dari membaca Al-Qur’an adalah membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at.

Hari Jum’at merupakan hari yang mulia, bukti dari kemuliannya Allah mentakdirkan beberapa kejadian besar pada hari Jum’at. Terdapat pula amalan-amalan khusus yang dapat dilakukan pada malam atau siang harinya, salah satunya adalah sholat Jum’at

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya diantara hari yang kalian paling baik adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, pada hari tersebut pula sangkakala ditiupkan dan akan terjadinya kematian untuk seluruh makhluk hidup…” (H.R Abu Daud, An Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, Al Hakim dari Hadits ‘Aus bin ‘Aus)

Abu Hurairah R.A berkata, Rasulullah SAW bersabda:

لَا تَخُصُّوا لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اللَّيَالِي ، وَلَا تَخُصُّوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ الْأَيَّامِ ، إلَّا أَنْ يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ

“Janganlah mengkhususkan malam Jum’at untuk mengerjakan sholat dari malam-malam lainnya, dan janganlah mengkhususkan siang hari Jum’at untuk mengerjakan puasa dari hari-hari yang lainnya. kecuali jika bertepatan dengan puasa yang biasa dilakukan oleh salat seorang kalian.” (H.R Muslim, An Nasai, Al Baihaqi dan Ahmad)

Pada dasarnya tidak diperbolehkan mengkhusukan suatu amalan ibadah pada malam dan siang hari Jum’at, berupa sholat, tilawah, puasa dan amalan-amalan yang lain yang biasanya tidak dikerjakan pada hari-hari yang lain. Kecuali terdapat dalil khusus yang memerintahkkannya.

Banyak yang bertanya kapan waktu yang tepat untuk membaca surat Al-Kahfi. Sunnah membacanya pada malam jum’at atau pada hari jum’atnya juga tidak masalah. Jika ingin membacanya pada malam jum’at, mulailah ketika matahari hari kamis sudah terbenam hingga batas terakhirnya adalah ketika matahari terbenam untuk hari jum’atnya.

Ganjaran yang disiapkan bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada setiap malam Jum’at atau pada hari jum’at akan diberikan cahaya (disinari). Cahaya ini diberikan pada hari kiamat nanti, cahaya tersebut akan menerangi sepanjang telapak kaki sampai ke langit.

Balasan kedua yang akan diberikan kepada orang yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at berupa ampunan dosa antara dua Jum’at. Mungkin inilah yang dimaksud dengan disinari pada dua Jum’at. Karena cahaya Iman akan menghapuskan gelapnya maksiat, seperti pada firman Allah SWT:

إن الحسنات يُذْهِبْن السيئات

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapus dosa perbuatan-perbuatan yang buruk.” (Q.S Huud: 114)

Surat Al-Kahfi Menangkal Fitnah Dajjal

Manfaat lain dari surat Al-Kahfi adalah untuk menangkal fitnah Dajjal seperti yang disampaikan Nabi SAW. Yaitu dengan membaca dan menghafalkan beberapa ayat dari surat Al-Kahfi, yaitu 10 ayat pertama dan 10 ayat terakhir dari surat Al-Kahfi.

Imam Muslim meriwayatkan dari Hadits An Nawas bin Sam’an di dalam riwayatnya Rasulullah SAW bersabda: “Maka Barangsiapa di antara kamu yang mendapati zaman Dajjal hendaknya membacakan atasnya permulaan surat Al-Kahfi.

DP BBM Islami 








Mungkin sedikit info dan ulasan yang dapat kami bahas semoga bermanfaat buat kalian semua, terima kasih telah berkunjung di blog kami, tunggu info lainnya mengenai dp bbm islami serta dp terbaru, dp bbm islami terbaru, dp bbm bergerak islami, animasi dp bbm kata bijak islami, meme dp bbm islami terbaru lainnya yang akan kami posting di setiap harinya green angelica.
Advertisement
DP BBM Islami Amalan Pada Malam Jum'at Dan Hari Jum'at | Alivia | 5